Percik Air Dalam Kesejukan Alam

beratan

Apa jadinya jika wilayah wisata Kuta, Bali sudah semakin padat? Atau kita mulai bosan karena sudah berkali-kali mengagumi akan keelokan sunset nya? Jika sudah begini, tidak ada salahnya kan mencari alternatif tempat lain saat berlibur ke Bali? Ya, salah satunya kita bisa mencoba sesuatu yang berbeda. Bukan lagi pantai atau hingar-bingar kehidupan malam melainkan mencari tempat yang sejuk, nyaman dan tentram. Nah, kalau yang satu ini kita bisa langsung meluncur kearah Bedugul, tepatnya menikmati keelokan Danau Beratan.

beratan-4

Objek wisata ini terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Sekitar 55 kilometer dari Kota Denpasar dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dengan mobil. Perjalan dari Denpasar memang mengasyikan. Sepanjang jalan kita disuguhi pemandangan indah dengan pohon-pohon hijau segar membuat mata sejuk dan nyaman. Ya, jalan cukup berkelok-kelok dengan beberapa tanjakan karena memang daerah Bedugul ini berada di pegunungan. Jadi tidaklah heran jika suhu udara disini sekitar 18-22 derajat. Wah, bagi yang tidak bisa dingin mesti bawa baju hangat. Kawasan Danau Beratan ini berdekatan dengan Kebun Raya Eka Karya yang juga merupakan kawasan wisata alam. Hampir miriplah dengan Kabun Raya Bogor.

beratan-2

Setelah menempuh perjalanan dari Denpasar, akhirnya sampai juga di lokasi. Setelah membeli tiket masuk tanpa tunggu lagi kita langsung masuk kawasan Danau Beratan ini. Dari gerbang masuk kita langsung disambut oleh taman yang luas dengan hamparan rumput hijau segar. Bunga-bunga bermekaran menjadikan semakin indah dan sedap dipandang mata. Nah, uniknya di kawasan danau ini kita jumpai Pura Ulun Danu. Sebuah pura yang menjorok kearah tengah danau sehingga saat air danau naik, sebagian pura ini terendam sehingga tampak seolah pura Ulun Danu ini mengapung di atas air. Tentu, pemandangan disini sangat indah dan layak untuk diabadikan dalam bingkai kamera. Apalagi jika bersama teman maupun keluarga, wah pasti sangat menarik. Karena udara yang dingin di kawasan Danau Beratan ini sering terjadi kabut. Menarik! Kabut tipis melayang-layang diatas permukaan air danau menjadi pemandangan yang mengesankan.

beratan-1

Selain duduk-duduk santai di tepi danau, kita juga bisa memancing. Atau mau aktifitas yang lebih seru lagi? Kita bisa menyewa jukung atau perahu kayu yang banyak terdapat di danau ini. Satu perahu bisa menampung sekitar empat orang dan bisa kita bawa berkeliling danau. Tentu saja jika kita kuat mendayungnya. Karena pemandangan dari tengah danau tampak indah. Jadi sayang jika sudah sampai di sini kita tidak menyewa jukung. Gemericik air yang dingin diantara pemandangan yang indah memunculkan sensasi tersendiri. Bisa dibayangkan di tengah udara dingin, berjalan kaki bahkan sampai mengayuh dayung tentu dapat dipastikan sesaat kemudian rasa lapar akan mendera. Tapi jangan khawatir, di kawasan ini banyak tersedia warung makan. Mau bakso dengan kuah yang panas segar menghangatkan tubuh dapat kita temukan di sekitar area parkir. Atau ada juga sate kelinci, ayam Taliwang dan masih banyak pilihan lagi. Intinya, Danau Beratan dengan Pura Ulun Danu benar-benar menawan dan layak untuk masuk dalam daftar teratas rencana kunjungan saat ke Bali. Percik air diantara kesejukan alam benar-benar menentramkan jiwa. (Teks & Foto : Ristiyono)

Share This:




Leave a Reply

Your email address will not be published.