Pantai Balangan, Pesona Tersembunyi di Antara Karang

balangan-4

Pesona Bali memang tidak terbantahkan. Meski sudah berkali-kali menikmati keindahannya, tetap saja satu saat nanti ingin kembali. Bali bak magnet yang begitu kuat menarik setiap insan untuk datang kembali. Keindahan pantai, kekayaan seni dan budayanya membuat Bali menjadi impian untuk menghabiskan waktu liburan. Ya, pesona pantainya memang menjadi primadona setiap wisatawan yang berlibur di Pulau Dewata ini. Pasir putih yang lembut terpadu indah dengan birunya lautan.

balangan-3

Nah berbicara tentang pantai, memang pantai Kuta sepertinya sudah melegenda. Rasanya belum ke Bali jika belum mengunjungi pantai yang satu ini. Namun bagaimana jika pantai ini semakin ramai dan padat pengunjung? Wah, rasanya perlu ada alternatif destinasi pantai lainnya. Pantai Balangan yang berada di Jimbaran bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan. Ok, setelah berkemas pagi itu kita langsung bergegas menuju pantai Balangan yang katanya masih alami dan belum banyak pengunjungnya. Maklum, saya pribadi baru pertama kali ke pantai ini.

balangan-2

Jalan berliku yang tidak terlalu lebar dengan kanan kiri jalan tumbuh pepohonan rindang menjadi pengalaman tesendiri ketika menuju pantai Balangan. Sekitar 20 menit perjalanan dari Harris Hotel Sunset Road Bali, akhirnya kita tiba di lokasi. Benar saja, begitu turun dari mobil terdengar deburan ombak dan hembusan angin pantai seolah menyambut. Untuk sampai ke bibir pantai, dari area parkir kita harus berjalan kaki menapaki puluhan anak tangga menuruni tebing yang cukup curam. Ya, pantai Balangan memang tersembunyi diantara tebing-tebing yang tinggi. Dari atas tebing tampak pemandangan yang begitu indah. Hamparan pasir putih, birunya air laut, deburan ombak yang tinggi dan terjalnya tebing karang seolah menyatu dalam bingkai lukisan alam. Dan benar saja, pantai ini masih cukup sepi belum banyak dikunjungi wisatawan. Memang pantai ini belum sepopuler pantai lainnya, seperti Kuta. Bahkan juga dibanding dengan tetangganya yaitu pantai Dreamland. Ya, pantai Balangan berada sekitar 3 kilometer dari Dreamland. Bahkan kita bisa melihat keindahan pantai Dreamland dari atas bukit karang yang membatasi kedua pantai ini. Jika air sedang surut kita bisa berjalan kaki menuju ke Dreamland.

balangan-6

Karena ombak di pantai Balangan ini cukup tinggi, tak heran jika menjadi surganya para peselancar. Di pinggir pantai kita bisa jumpai deretan warung makan yang juga sekaligus menyewakan papan selancar. Jadi jangan khawatir kita masih bisa berselancar tanpa harus bawa papan sendiri. Harga sewanya berkisar Rp. 50.000 sejam. Jika kita mau, mereka juga menyediakan jasa instruktur selancar. Wah, asyik juga! Atau jika kita hanya ingin berenang dan berjemur, disepanjang pinggir pantai juga disediakan kursi dan tenda yang bisa kita sewa. Menariknya lagi, dipinggir pantai tepatnya dekat dengan jalan turun dari parkiran terdapat sebuah bangunan suci tempat peribadatan umat Hindu. Sehingga di saat-saat tertentu para pengunjung bisa menyaksikan berbagai ritual yang dilakukan oleh warga setempat sambil tetap berselancar maupun berjemur. Menarik! (Teks & Foto: Ristiyono)

 

 

Share This: