Kumandang Luti Gendang

BATAM-mi-1

Saat kita berada di Batam, lupakan sejenak sarapan di hotel. Karena ada satu tempat spesial untuk membuka pagi dengan menikmati sarapan ditempat favorit di kota ini. Ya, Kedai Mie Tarempa yang berada di Batam Centre. Kedai ini tak pernah sepi pengunjung. Sebenarnya, Tarempa sendiri adalah sebuah daerah di luar Pulau Batam, namun masih dalam wilayah Kepulauan Riau. Tarempa masuk wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, letaknya cukup jauh dari Batam. Banyak orang Tarempa yang mengadu nasib di Batam dan tentu saja dengan adanya kedai ini paling tidak dapat mengobati rasa kangen mereka akan kampung halaman.

Kedai ini selalu ramai pengunjung saat sarapan dan waktu makan siang. Saking ramainya, kadang pengunjung harus rela menunggu giliran mendapat tempat duduk yang kosong. Nah, di kedai ini kita bisa menikmati berbagai makanan khasnya antara lain mie goreng, kwetiau goreng, gado-gado dan sup ikan. Rasa mie gorengnya memang khas dengan tingkat kekenyalan mie nya yang pas. Mie di sini homemade alias dibuat sendiri tanpa bahan pengawet. Pantas saja rasanya nikmat, apalagi setelah menikmati mie Tarempa langsung menyeruput secangkir kopi panas yang begitu harum dan nikmat.

DSC_8276

Nah, satu lagi yang jangan sampai terlewatkan saat kita berada di kedai ini. Yaitu satu camilan yang mereka namakan Luti Gendang. Biasanya camilan ini langsung dihidangkan begitu kita duduk. Luti Gendang bebentuk bulat lonjong berwarna coklat keemasan. Sebenarnya kalau boleh dibilang camilan ini lebih seperti roti goreng dengan ukuran tak begitu besar. Rotinya yang lembut namun begitu renyah bagian luarnya ini ternyata di dalamnya diisi abon ikan tongkol yang aroma dan rasanya memang juara. Kumandang Luti Gendang ini nyatanya nyaring hingga jauh di luar pulau Batam sehingga tak heran jika banyak pengunjung yang sengaja membawanya menjadi buah tangan bagi keluarga di rumah.  (Teks & Foto Ristiyono)

 

Share This:




Leave a Reply

Your email address will not be published.