Pecel Keong Mba Toen, Sensasi Kuliner Tradisional

DSC_8828

Bila kita berkunjung ke Salatiga, tidak jauh dari situ ada satu objek wisata kolam pemandian Muncul. Tepatnya di daerah Banyubiru, Kabupaten Semarang hanya sekitar 20 menit dari Salatiga. Air yang dingin dan selalu bersih karena langsung dari mata air alami membuat objek wisata ini digemari bahkan selalu ramai pengunjung saat musim liburan. Nah, di sekitar pemandian Muncul ini kita bisa jumpai beberapa warung yang menjual beragam makanan. Salah satunya adalah Warung Makan Mbak Toen yang berada tepat di depan pemandian Muncul.

DSC_8833

Sekilas tidak ada yang istimewa dari warung sederhana yang terbuat dari papan ini. Dari luar terlihat deretan kaleng krupuk yang berisi berbagai macam kripik. Ya, sepertinya biasa saja! Tapi jangan salah, ada satu menu tradisional yang mungkin bagi sebagian orang tidak biasa, yaitu “Pecel Keong”. Karena menu yang unik ini maka jangan heran jika waktu-waktu tertentu kita harus rela antri dan berdesakan dengan pengunjung lainnya hanya untuk menikmati seporsi pecel keong ini. Nasi pecel nya sendiri tidak berbeda dengan lainnya. Nasi lengkap dengan sayuran yang diguyur dengan sambal kacang. Nah, bedanya pecel ini di campur dengan bakmi goreng ditambah keong yang sudah dimasak oseng. Keong yang dipakai adalah keong sawah yang banyak terdapat di daerah ini.

DSC_8821

Secara tampilan sih biasa saja, tapi jangan tanya soal rasanya hmmm…yummy! Tekstur daging keong ini sedikit kenyal dengan rasa khas dan gurih terpadu nikmat dengan sayur dan bumbu kacang. Soal pengalaman tidak usah diragukan juga karena warung pecel keong ini sudah berjualan sejak lebih dari 20 tahun lalu. Wah! Bagi yang tidak suka keong, jangan khawatir karena di warung ini juga tersedia lauk lainnya seperti ikan mujahir, lele hingga belut goreng. (Teks & Foto Ristiyono)

Share This:




Leave a Reply

Your email address will not be published.