Perkembangan zaman yang serba modern menuntut setiap orang yang ada di dalamnya memiliki kesibukan yang sangat tinggi. Tuntutan pekerjaan yang cepat dan dinamis cukup menguras energi dan pikiran kita, hingga tak jarang membuat daya tahan tubuh menjadi berkurang. Nah, Gaya hidup sehat merupakan salah satu cara untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dan membuat produktivitas kita tetap optimal. Pentingnya akan hidup sehat semakin marak di tengah masyarakat saat ini, tidak hanya atlet, masyarakat awam baik dari kalangan pelajar, pekerja kantoran, dan profesi lainnya juga berlomba untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat dan perkembangan zaman memang tidak dapat dipisahkan. Hal ini terlihat dari semakin menjamurnya komunitas-komunitas yang mengikuti tren hidup sehat seperti komunitas lari, sepeda, gym, yoga, dan lain sebagainya. Pertumbuhan komunitas ini selain sebagai ajang penyalur hobi, juga dapat menyadarkan pentingnya gaya hidup sehat. Tidak hanya melalui olahraga, gaya hidup sehat juga harus ditunjang dengan makanan dan minuman sehat. Seriring berkembangya tren gaya hidup sehat, bertambah juga pengetahuan masyarakat akan makanan dan minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

Meningkatnya minat terhadap makanan dan minuman sehat juga turut memengaruhi inovasi terhadap bahan makanan yang selama ini akrab di masyarakat sebagai bahan makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa contoh yang mudah dijumpai seperti yoghurt, susu kedelai, lo han kuo, lidah buaya, buah kundur, dan masih banyak lagi yang mengolah bahan bahan tersebut menjadi produk yang sesuai dengan tren saat ini.

Kundur dan segudang manfaatnya

Buah kundur adalah jenis buah yang tumbuh dan dibudidayakan di negara tropis, seperti  Indonesia. Buah dengan nama botani Benincasa hispida ini berbentuk bulat lonjong dan masih satu kerabat dengan labu-labuan, karena itulah beberapa orang suka menyebutnya sebagai labu besar. Buah kundur juga dikenal dengan nama bligo, beligo, baligo, dan winter melon. Karena buah ini cukup populer dan rasanya menyegarkan, masyarakat suka mengonsumsi dengan mengolahnya menjadi berbagai macam menu masakan dan minuman.

Selain memiliki cita rasa segar, buah kundur juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Beragam nutrisi penting terkandung di dalam buah ini, diantaranya vitamin C, B1, B2, kalsium, sodium, seng, besi, fosfor, mangan, tembaga, magnesium, selenium, dan potasium. Berbagai nutrisi penting yang terkandung ini menjadikan buah kundur memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas, melancarkan pencernaan, mencegah flu, obat migrain, mencegah panas dalam, dan banyak lagi. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, buah ini dapat menjadi andalan sebagai makanan diet.

Kundur dan tren minuman saat ini

Maraknya olahan minuman modern saat ini juga membuat Food 2 Good milik pasangan suami istri Yosef Triyana dan Jessica Justine asal Bandung ini mencoba untuk memasarkan buah kundur dalam minuman kemasan dan pudding. Awalnya mereka mencoba mengolah buah ini menjadi teh kundur untuk diberikan kepada putri mereka yang suka terkena panas dalam, ternyata sejak mengonsumi teh kundur ini putrinya menjadi jarang panas dalam lagi.

Berbekal pengalaman tersebut, mereka akhirnya mencoba mengemas teh kundur dalam kemasan botol dan memasarkan di lingkungan terdekat mereka. Teh kundur ini dipasarkan dengan varian original dan less sugar menggunakan pilihan topping selasih, jelly, dan mix. Rasa khas dari teh kundur ini dipadukan dengan topping yang ada membuat produk ini menjadi salah satu produk favorit. Selain membuat teh kundur, Food 2 Good juga menyediakan Teh SuKun, yaitu teh kundur yang dicampur susu. Teh Susu Kundur ini memiliki dua varian full cream dan  skimmed milk yang tersedia dengan tiga pilihan topping, yaitu cornflake, jelly, dan nata de coco. Untuk yang sedang menjaga berat badan juga tersedia pilihan skimmed milk, jadi jangan takut untuk mencoba. Teh Kundur dan Teh SuKun disajikan dalam pilihan botol 250ml, 500ml, dan 1liter.

Setelah mencoba dengan kedua produk minuman di atas, Food 2 Good mencoba menghadirkan manfaat buah kundur dalam bentuk yang berbeda, lahirlah Pudding Kundur sebagai produk ketiga mereka. Pudding ini merupakan gabungan antara teh susu kundur sebagai bahan utamanya dengan pudding buah sebagai lapisan lainnya. Dua lapisan pudding dengan kombinasi rasa begitu nikmat terasa  di mulut.  Lembutnya lapisan pudding teh susu kundur diimbangi segarnya pudding buah, semakin lengkap dengan vla membuat pudding ini begitu cepat berpindah dari cup ke dalam perut. Enjoy Your Life!

Give a Comment