Kebun Binatang Bandung sudah pasti tidak asing untuk warga Bandung dan sekitarnya. Tempat dimana para pengunjung dapat melihat dan mempelajari berbagai jenis hewan. Tetapi ternyata ada tempat serupa yang berada di daerah Bandung. Lembang Park & Zoo merupakan tempat alternatif di Bandung untuk melihat dan mempelajari hewan-hewan yang ada di dunia ini.

Terletak diatas tanah seluas 20 hektar di daerah Lembang, Bandung Barat yang berudara sejuk, destinasi ini mengusung tema Bavarian. Lembang Park & Zoo mengutamakan kenyamanan bagi pengunjung dan satwa menjadikan tempat ini sebagai destinasi eduwisata bagi keluarga yang memungkinkan wisatawan bermain di taman sambil menambah ilmu pengetahuan dan berinteraksi secara langsung dengan beragam satwa eksotis. Lembang Park & Zoo berdiri sejak Desember 2019, tetapi sempat tutup sementara pada Maret 2020 karena pandemi, dan sudah dibuka kembali pada Juni 2020.

Berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Bandung, dan sesampainya disana papan besar bertuliskan Lembang Park & Zoo menyambut. Tempat ini menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk para pengunjung. Memang pada saat ini tidak banyak pengunjung yang datang dikarenakan pandemi COVID-19 yang melanda. Oleh sebab itu Lembang Park & Zoo tidak lupa menerapkan protokol kesehatan yang ada guna membuat pengunjung merasa aman dan nyaman. Sebelum pintu masuk disiapkan box sterilisasi untuk pengunjung dan pengecekan suhu. Tempat mencuci tangan dan hand sanitizer pun tersebar di seluruh bagian taman ini.

Beberapa tempat penjualan tiket dibuat agar mengurangi antrian para pengunjung. Untuk masuk ke Lembang Park & Zoo ini pengunjung dikenakan biaya sebesar 40 ribu untuk hari Senin – Jumat dan 50 ribu untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Setelah membayar, kami pun masuk ke gerbang yang sebelumnya penjaga gerbang memberikan gelang penanda kepada kami.

Saat masuk gerbang, terlihat kolam besar di tengah-tengah taman luas beserta pengunjung yang mengendarai perahu bebek beraneka warna yang melintasi kolam. Berjalan menuruni jalur pengunjung dihampiri oleh banyak merpati yang berkeliaran di jalan dan beterbangan dimana-mana. Tidak jauh dari situ terdapat tempat penyewaan kendaraan kecil, dimana pengunjung dapat mengendarai kendaraan khusus tersebut untuk mengelilingi taman dan melihat-lihat satwa.

Terlihat megah sebuah tempat dengan kincir angin khas Belanda diatasnya. Tempat ini merupakan area makan untuk pengunjung, yang tidak biasa adalah, terdapat sebuah kaca besar di samping tempat makan tersebut. Ketika mendekat ternyata, dibalik kaca tersebut terdapat dua ekor singa putih, dan dua ekor harimau benggala. Di Tiger Resto ini pengunjung dapat menikmati aneka makanan dan minuman sambil “ditemani” oleh satwa-satwa ini. Di atas tempat ini juga terdapat Rumah Kucing, dimana pengunjung dapat bermain bersama berbagai macam kucing ras dengan waktu yang telah ditentukan.

Ketika mulai lanjut berjalan lagi, gapura besar bertuliskan Zoo Area terpampang besar, mulai dari sinilah para pengunjung dapat melihat-lihat berbagai macam satwa di dalam taman ini. Terdapat sekitar 551 jenis satwa yang sudah menjafi koleksi Lembang Park & Zoo.

Tidak hanya melihat satwa saja, tetapi kombinasi arena bermain outdoor seperti taman bermain, fasilitas berkuda, petting zoo dan area memancing juga terdapat di sini. Salah satu yang menarik adalah bagian yang disebut Big Bird Aviary, dimana pengunjung dapat memasuki sebuah kandang besar tempat berbagai macam burung bewarna warni seperti kakatua, macaw, kakaktua raja, love birds dan jenis-jenis burung lainnya bebas beterbangan dan hinggap dimana-mana. Pengunjung juga dapat memberi makan dan apabila beruntung, burung tersebut dapat hinggap dan berinteraksi langsung dengan kita.

Selain itu ada juga Kampung Bebek dan ikan Koi. Di sini kita dapat memberi makan bebek dan ikan dengan tema seperti di daerah pedesaan atau perkampungan. Story Land, dimana pengunjung dapat menikmati hiburan ala pasar malam, disertai permainan-permainan menarik di dalamnya seperti carousel mini, memancing hadiah dan sebagainya. Dan masih banyak lagi hal menarik di tempat ini.

Nah, setelah puas bermain dan bercengkerama dengan hewan-hewan eksotis, saatnya belanja souvenir khas tempat ini. Jangan khawatir soal souvenir, karena semua pengunjung sebelum keluar pasti melewati Souvenir Shop.  Di sini kita dapat melihat dan membeli berbagai jenis souvenir dari baju, boneka, dan pernak pernik lainnya. Tidak lupa juga setiap pengunjung yang keluar diberi cindera mata berupa makanan ringan dan topeng lucu. (Sumber: www.lembangparkzoo.com)

Give a Comment