Kue bugis, jajanan tradisional yang satu ini memang sangat populer, kulitnya terbuat dari tepung ketan dengan isi kelapa parut dan gula merah. Di Jawa kue ini disebut mendut, konon penamaan kue bugis sesuai dengan asal kue ini, yakni Suku Bugis di Sulawesi Selatan.

Ada beberapa versi kue bugis, versi tradisonalnya umumnya berwarna hijau yang didapat dari daun suji atau pandan. Versi lain termasuk kue bugis hitam yang menggunakan ketan hitam atau tepung ketan hitam.

Varian lainnya adalah kue bugis mandi, kue bugis yang disiram santan gurih. Dinamakan bugis mandi karena kue ini terlihat seperti berada dalam bak mandi busa. Bola hijau yang hamper tenggelam di antara warna putih santan di sekelilingnya.

Lembutnya tepung ketan dan isi kelapa yang manis, berpadu  gurihnya santan membuat mulut kita terasa berpesta saat menyantap jajanan ini. Seperti jajanan tradisional lainnya, bugis mandi kerap dihidangkan dalam berbagai acara keluarga dan menjadi favorit semua orang.

Berkembangnya tren kuliner saat ini juga turut membuat bugis mandi dibuat dari bahan lain. Ubi ungu juga dipakai sebagai bahan untuk membuat kulit kue bugis ini. Secara tekstur dan rasa tidak jauh berbeda dengan kue bugis umumnya, terdapat rasa manis khas ubi menambah citarasa kue ini.

Give a Comment