Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) merupakan karnaval jalanan (Art on the street) yang menggabungkan tokoh serta lakon pewayangan. Di dalamnya melibatkan seni koreografi, busana, serta musik kontemporer. WJNC ini sudah berlangsung selama 5 tahun. Tahun 2021 ini menjadi tahun ke-6  dan secara resmi menjadi COE (Calendar Of Event) nasional. Perhelatan Wayang Jogja Night Carnival pada tahun ini menjadi sangat spesial karena dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Dengan adanya pandemi covid-19 tidak menjadi halangan bagi Kota Yogyakarta. Acara tetap diselenggarakan secara hybrid, yaitu penonton langsung yang dibatasi jumlahnya dengan menaati protokol kesehatan dan masyarakat juga dapat menyaksikan secara online melalui live streaming YouTube channel Pemkot Jogja & Dinas Pariwisata Kota Yoyakarta.

Tahun ini WJNC menjadi acara puncak rangkaian HUT Kota Jogja yang ke-265, yang diadakan di Stadion Mandala Krida. Bertemakan Semar Boyong yang dipilih karena melanjutkan tema WJNC #5 yaitu Babat Alas Mertani, kali ini mengambil tema recovery.

Tema ini diambil sebagai bentuk usaha pemerintah dan masyarakat Kota Jogja setahap demi setahap memperbaiki keadaan selama berlangsungnya pandemi covid-19. Konsepnya pun berbeda dengan WJNC di tahun – tahun sebelumnya. Biasa peserta pawai yang bergerak, namun di tahun ini penontonnya yang akan berpawai mengelilingi stadion dari panggung A sampai dengan panggung B untuk menyaksikan WJNC 2021.

Acaranya pun berlangsung secara kondusif dan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Bekerja sama dengan Kepolisian, Satpol PP dan Kemantren setempat untuk melakukan pengecekan suhu pada setiap tamu yang hadir ataupun para pengisi acara. Tak lupa swab antigen, serta wajib vaksin minimal dosis 1.

Diharapkan juga WJNC tahun ini dapat menginspirasi setiap orang untuk terus berkarya tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

(Sumber Foto: Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta)

Give a Comment